Ketagihan Ayam Goreng KFC

Siapa yang tidak tahu KFC? Sebuah brand franchise asal negeri Paman Sam yang memiliki produk utama berupa Ayam Goreng alias Fried Chicken khas Amerika. Makanan yang tergolong fast food ini memiliki banyak sekali gerai di Indonesia bahkan sampai ke daerah-daerah dan memiliki banyak fans setia termasuk saya. Ada beberapa hal yang membuat KFC unggul dibandingkan dengan restoran cepat saji lainnya salah satunya yakni fokus pada produk ayam goreng yang rasanya sulit ditiru oleh restoran lain. Rasa ini pula yang banyak membuat orang ketagihan ayam KFC. Kita tahu bahwa restoran yang menjual ayam goreng khas Amerika sangat banyak namun tidak ada yang bisa menyamai rasa KFC.

KFC memang menggunakan strategi diferensiasi produk seperti halnya restoran cepat saji lainnya namun tidak 'semassive' dan 'senorak' restoran lainnya, KFC lebih mengunggulkan rasa ayam goreng dimana ada dua jenis ayam goreng yang paling banyak disajikan yakni ayam goreng original (original recipe) dan ayam goreng crispy (extra crispy), selain itu KFC juga sering menambahkan diferensiasi rasa ayam yang sifatnya musiman atau tersedia di periode tertentu saja, hal ini semakin menjadikan KFC sebagai rajanya ayam goreng. Berikut ini diferensiasi rasa ayam KFC yang pernah ada di Indonesia.

KFC Extra Crispy
Atau sering disebut ayam goreng crispy merupakan ayam goreng KFC paling laris dan paling disukai di Indonesia. Ayam goreng ini ekstra renyah karena terdapat lapisan tepung ganda yang sangat crispy dan dagingnya masih sangat tender. Saat digigit maka timbul sensai renyah dan crunchy di kulit dan juici di dalam. Ayam goreng ini juga memiliki rasa pedas namun hanya sedikit.


KFC, The Original
Atau sering disebut ayam goreng original merupakan salah satu dari dua menu yang paling umum di KFC, satunya lagi adalah extra crispy yang pertama disebutkan. Sebenarnya ayam goreng original inilah yang menjadi masterpiece dari KFC dan ayam inilah yang menggunakan 11 bumbu dan rempah. Saya pribadi paling suka ayam ini. Ayam goreng ini juga memiliki lapisan tepung namun tipis. Rasa ayam ini lebih berbumbu, lebih gurih, dan lebih asin dari extra crispy. Kalau boleh sarankan bagi yang selama ini hampir selalu memesan extra crispy cobalah untuk memesan ayam goreng original. Anehnya beberapa gerai KFC di mall yang berukuran kecil tidak menjual ayam original, sungguh disayangkan.


KFC Hot and Cheesy
Atau dikenal dengan ayam goreng bersaus keju adalah inovasi terbaru KFC di quarter empat tahun 2016. Produk ini sangat meledak dan menjadi trending topic dimana-mana karena tampilan ayam bersaus kejunya sangat menggoda. Dan kebetulan dunia kuliner juga sedang marak penggunaan rasa atau perisa keju-kejuan. Ayam goreng ini sebenarnya adalah ayam goreng extra crispy yang dicelupkan saus keju nan menggoda. Rasanya betul-betul penuh sensasi lumuran keju serta ada rasa pedas yang mebuat anak-anak kecil agak enggan. Ayam ini juga dijual dengan produk minuman baru float rasa keju yang bernama Creeme Cheese Float. Sebetulnya produk ini agak mirip dengan produk ayam goreng bersaus keju keluaran Richeese, manakah yang lebih enak?


KFC Red Hot, KFC Hot & Spicy, KFC Chilli Crunch
Ketiga varian produk ini berbeda tetapi mengusung tema yang serupa yakni ayam goreng pedas yang dengan tingkat kepedasan yang agak tinggi. Ayam ini cocok dijual di negara-negara yang mempunyai selera dan doyan makan pedas seperti Indonesia, tak aneh jika slogan dari ayam ini adalah "memuaskan selera pedas". Tekstur dari ayam ini sama dengan extra crispy namun dengan warna yang agak merah yang melambangkan cabe. Khusus chilli crunch agak berbeda karena dimarinate khas Szechuan dan ada tambahan balutan cornflakes.


KFC Black Pepper
Atau sering disebut ayam goreng lada hitam adalah varian KFC yang mempunyai rasa lada hitam. Ayam lada hitam ini bukan ayam goreng bersaus lada hitam, melainkan ayam goreng crispy yang ditambahi bumbu lada hitam. Penampilannya seperti ayam goreng crispy namun dengan sedikit warna hitam. Rasa dari ayam ini pedas khas lada hitam. Entah kapan KFC black pepper ini akan dijual lagi di Indonesia.


KFC Grilled Chicken
Adalah produk ayam panggang dari KFC. Ayam ini di marinate dan dibumbui kemudian dipanggang secara perlahan dan mempertahankan tekstur daging yang juicy. Di Indonesia ayam panggang ini pernah dijual namun hanya pada gerai-gerau tertentu saja, mungkin semacam limited product. Jadi penasaran rasanya seperti apa.


KFC Bulgogi Chicken
Adalah ayam goreng dengan saos khas bulgogi dari Korea. Cita rasa ayam ini memiliki sensasi Korea. Produk ini dikeluarkan seiring dengan boomingnya budaya Korea di dunia termasuk Indonesia.


Sebetulnya KFC juga memiliki varian ayam goreng lainnya hanya saja tidak semuanya dijual di Indonesia seperti KFC Butter Garlic Crunch, Anda harus ke luar negeri seperti Malaysia untuk mencoba ayam ini. Banyak dari produk KFC hanya produk musiman yang merupakan bagian dari strategi rasa di industri makanan. Beberapa rasa yang banyak peminatnya bisa diulang lagi di periode lainnya seperti ayam goreng pedas hot & spicy. Namun yang pasti variasi rasa ini menjadikan orang-orang makin ketagihan ayam goreng KFC.

Postingan terkait: