Tips Cara Mengatasi Hari Senin

Sudah bukan rahasia lagi bahwa hari Senin adalah hari yang 'terburuk' sepanjang minggu. Bagi Anda yang bekerja atau sekolah, hari Senin bagaikan neraka dunia karena setelah menikmati libur weekend yang indah bak dunia khayal di langit, pada hari Senin kita diharuskan untuk turun kembali ke dunia nyata dan menghadapi persoalan pekerjaan atau sekolah yang seringkali menjemukan dan menjengkelkan dan 'terpaksa' kita lalui. Yah mau bagaimana lagi, memang begini sistemnya sejak dahulu. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara dan tips untuk mengatasi hari yang merupakan hari paling dibenci sedunia ini. Tips ini mungkin tidak akan mengubah fakta bahwa hari Senin adalah hari yang terburuk tapi paling tidak bisa untuk mengantisipasi jika hari ini datang dan paling tidak supaya kita tidak jatuh depresi terlalu dalam saat memasuki hari Senin.


1. Lakukan hal produktif saat weekend
Percaya atau tidak percaya, mood kita saat memasuki hari Senin sangat tergantung dari apa yang kita lakukan saat weekend. Kebanyakan orang beranggapan bahwa weekend adalah hari untuk bermalas-malasan seharian (baca: hibernasi) setelah lelah beraktivitas selama seminggu. Namun bermalas-malasan ini dapat berakibat buruk, layaknya mesin motor yang dimatikan selama dua hari maka saat mesin itu dihidupkan lagi bisa memerlukan pemanasan yang ekstra agar mesin bisa menyala normal sedia kala. Jika kita bermalas-malasan selama weekend maka biasanya akan susah untuk mengembalikan mood saat memasuki hari Senin. Karena itu pada saat weekend usahakanlah melakukan aktivitas-aktivitas seperti berwisata, olahraga, belanja, berkumpul, dan sebagainya. Tapi jangan sampai over yang mengakibatkan rasa lelah panjang, bisa-bisa saat masuk hari Senin malah tambah drop, misalnya begadang sampai malam saat hari Minggu, bepergian ke tempat-tempat yang terlalu jauh saat weekend dan sebagainya.

2. Awali hari Senin dengan pekerjaan-pekerjaan yang ringan
Bagi Anda yang sudah bekerja usahakanlah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ringan atau mudah terlebih dahulu saat mengawali hari Senin. Usahakan hindari pekerjaan-pekerjaan yang berpotensi membuat stres di hari Senin. Awalilah hari Senin dengan pekerjaan-pekerjaan yang paling Anda sukai atau bisa juga mengawali hari Senin dengan obrolan-obrolan ringan bersama rekan kerja, ini akan mempermudah mood Anda agar tidak 'shock' saat masuk hari Senin. Namun seringkali ini diluar kontrol kita, banyak sekali bos yang meminta karyawan untuk mengerjakan hal-hal yang krusial dan urgent pada hari Senin misalnya planning, meeting koordinasi dan sebagainya. Sama halnya dengan siswa sekolah, akan menyebalkan jika jam pelajaran pertama setelah upacara hari Senin adalah pelajaran yang sulit seperti kimia, apalagi jika ada ulangan.

3. Selalu rencanakan pulang tepat waktu di hari Senin
Pulang tepat waktu atau sering disebut istilah tenggo adalah sesuatu hal yang sangat penting. Bagi pegawai mungkin hal ini akan sulit terutama ketika banyak pekerjaan yang mengharuskan overtime. Tapi percayalah, jangan pernah untuk memilih hari Senin sebagai hari lembur. Khusus hari Senin aturlah semua pekerjaan sebaik-baiknya sehingga Anda bisa pulang tepat waktu. Jika masih ada pekerjaan yang bisa ditunda keesokan harinya maka tidak salah jika Anda menundanya sampai hari Selasa atau hari lainnya. Mengapa? ini penting karena jika kita memforsir energi kita di awal minggu maka besar kemungkinan energi atau mood kita di sisa hari seminggu itu akan banyak terpengaruh. Sekali lagi, jika memang memungkinkan, jangan pernah pulang overtime saat hari Senin. Kalau bisa selama seminggu itu juga pulang tenggo terus (terdengar impossible sih he3), ada benarnya pepatah "selalu cintai pekerjaan Anda, bukan perusahaan yang memperkerjakan Anda".

4. Menikmati hal-hal yang menghibur pada hari Senin
Siapa bilang kita hanya bisa menikmati hal-hal yang menghibur hanya pada saat weekend, pada saat weekday pun bisa termasuk hari Senin. Setelah pulang kerja lakukanlah hal-hal yang menghibur Anda yang membuat hati jadi happy, misalnya melakukan hobby, baca buku, belanja, masak, makan di restoran, nonton TV dan sebagainya. Saya cukup apresiasi terhadap chanel TV yang banyak menayangkan acara menghibur khusus di hari Senin seperi 'Monday Comedy Club' milik STAR World. Hal-hal yang menghibur ini akan sangat bermanfaat mengurangi kepenatan pada hari Senin. Selain itu jangan lupa juga untuk ibadah, ibadah dapat membuat hati tenang dan dapat menjadi obat dari kejamnya hari Senin.

5. Rencanakan hal-hal yang menyenangkan untuk jangka waktu dekat
Saat memasuki hari Senin usahakanlah kita mempunyai planning untuk hal-hal yang menyenangkan dalam jangka waktu dekat. Misalnya planning untuk pergi berwisata di weekend depan, atau planning membeli tas baru di hari Jumat, atau planning bertemu kawan-kawan di hari Rabu dan sebagainya. Hal-hal yang menyenangkan ini bisa membantu mengalihkan pikiran kita agar tidak terjebak di hari Senin dan membuat kita lebih semangat untuk 'cepat-cepat' melewati hari Senin.

6. Jika sedang ambil cuti, pastikan hari Senin masuk dalam kalender cuti Anda
Ini dia satu tips yang mungkin sudah jadi rahasia umum, jika Anda hendak mengambil cuti jangan pernah mengambil cuti dimana hari pertama kerja setelah cuti selesai adalah hari Senin, ini benar-benar akan menyiksa Anda saat memasuki hari Senin. Jika Anda ingin ambil cuti sehari agar dapat long weekend sebaiknya ambilah hari Senin, jangan hari Jumat. Jika Anda ingin mengambil cuti panjang (terutama diluar hari besar) maka usahakan cuti itu tidak berakhir dihari Minggu. Why? karena cara yang terbaik untuk mengatasi hari Senin adalah dengan menghindari hari Senin itu :P

7. Selalu bersyukur
Yang sudah pasti tidak bisa disangkal namun sering dilupakan adalah selalu bersyukur saat memasuki hari Senin. Bersyukur kepada Allah bahwa masih dikaruniai umur, kesehatan, serta rezeki untuk bekerja atau sekolah dapat menjadi obat paling mujarab untuk menenangkan hati dikala weekend sudah berakhir dan dikala matahari Senin sudah terbit. Usahakan bangun pagi di hari Senin (dan hari-hari lainnya) sebelum matahari terbit.

8. Coba pikirkan pekerjaan lain yang lebih membuat bahagia
Jika cara-cara di atas sudah dilakukan tapi Anda masih sering bahkan selalu depresi yang berlebihan saat memasuki hari Senin mungkin sudah saatnya Anda memikirkan pekerjaan lain yang membuat Anda lebih bahagia seperti pekerjaan yang sesuai passion (minat dan bakat), pekerjaan yang tidak terlalu jauh dari rumah, pekerjaan yang tidak perlu bermacet-macetan, pekerjaan yang 'halal', pekerjaan yang lebih berprospek, pekerjaan yang bisa mengatur diri sesuka hati (baca: wirausaha), dan sebagainya.

Postingan terkait: