7 Hal yang Perlu Diketahui tentang Mendoan


Mendoan adalah salah satu kuliner nusantara yang terbuat dari tempe khas dari Jawa Tengah lebih tepatnya Banyumas dan sekitarnya. Mendoan merupakan tempe yang berbalut tepung dengan tekstur agak lembek yang gurih rasanya, ini sesuai dengan kata mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Karena rasanya yang gurih dan unik makanan ini telah menyebar sampai ke Jakarta bahkan seantero Indonesia dan menjelma menjadi salah satu kekayaan kuliner nusantara yang sangat khas. Berikut ini 7 hal yang perlu Anda ketahui dari Mendoan.


1. Mendoan adalah makanan asli Banyumas
Mendoan merupakan makanan asli dari Purwokerto atau Banyumas dan daerah-daerah sekitarnya terutama di Jawa Tengah bagian barat yang menggunakan Bahasa Banyumasan atau 'panginyongan' atau 'ngapak'. Tidak heran jika makanan ini telah menjadi identitas dari daerah Banyumas. Anda belum ke Banyumas jika belum mencicipi mendoan, paling tidak membawa oleh-oleh mendoan.

2. Mendoan dan tempe goreng tepung itu berbeda
Banyak orang yang menyamakan mendoan dengan tempe goreng tepung atau tempe tempura atau tempe kemul, walaupun memang mirip namun sebenarnya berbeda. Mendoan dimasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga seperti setengah matang dan teksturnya tidak sampai garing (crispy) seperti tempe goreng tepung pada umumnya.

3. Tempe yang digunakan mendoan berbeda dari tempe biasa
Tempe yang dugunakan untuk mendoan merupakan tempe khusus yang bentuknya tipis dan bukan dari tempe umum yang diiris tipis-tipis. Pembuatan tempenya cukup rumit dibandingkan tempe biasa karena dibungkus satu persatu dengan daun pisang. Tempe jenis ini sulit dijumpai di luar daerah Banyumas, namun sudah mulai banyak diproduksi di daerah-daerah yang banyak pendatang dari Banyumas seperti Jakarta. Bagi Anda yang hendak membawa tempe ini sebagai oleh-oleh perlu perjuangan tersendiri karena untuk dibawa ke luar daerah berarti Anda harus membawa tempe yang belum jadi dan tempe ini tidak boleh masuk bagasi. Tanyakanlah pada penjual oleh-oleh mendoan untuk detailnya :)

4. Ada mendoan yang teksturnya lembek, ada juga yang agak kering
Bentuk dan tekstur tempe mendoan ada yang sangat basah / lembek dan ada yang sudah agak kering. Ini tergantung dari selera masing-masing. Biasanya yang dijual di warung-warung dan yang dimakan sehari-hari oleh orang Banyumas adalah mendoan yang lembek, sedangkan yang dijual di toko oleh-oleh adalah yang agak kering. Jika Anda membeli dalam bentuk masih mentah maka terserah Anda mengolahnya apakah akan menjadi lembek atau agak kering.

5. Mendoan disajikan sebagai lauk atau kudapan
Mendoan disajikan sebagai lauk (dimakan dengan nasi dan lauk lainnya) atau bisa sebagai kudapan. Makan mendoan sebagai kudapan sangat lah nikmat baik itu pagi, siang, sore atau malam apalagi jika dimakan bersama keluarga atau kerabat. Mendoan juga nikmat dimakan sebagai makanan pendamping seperti soto dan sebagainya.

6. Mendoan nikmat disajikan dengan sambal kecap atau cabai rawit
Biasanya mendoan disajikan dengan sambal kecap atau cabai rawit. Sambal kecap tersedia dalam satu paket ketika Anda membelinya dari toko oleh-oleh. Makan mendoan yang masih hangat dengan sambal kecap dan cabai rawit sangatlah nikmat tiada tara. Ada juga yang suka makan mendoan dengan sambal kacang.

7. Mendoan banyak tersaji di rumah makan Sunda
Selain tersedia di warung-warung tradisional atau rumah makan di daerah Banyumas dan sekitarnya, menu mendoan ternyata saat ini juga sering dijumpai di banyak rumah makan Sunda di seantero Indonesia walaupun banyak diantaranya bukan mendoan original dan biasanya hanya berupa tempe goreng tepung biasa. Hal ini tidaklah aneh karena Banyumas dan sekitarnya yang merupakan bagian dari Jawa Tengah secara geografis sangat dekat dengan Jawa Barat dan memiliki sejarah yang dekat dengan Sunda (kerajaan Galuh) serta memiliki berbagai kesamaan termasuk dalam cita rasa makanan. Tak aneh jika selain di rumah makan Banyumas, mendoan lebih banyak dijumpai di rumah makan Sunda daripada rumah makan Jawa. Jadi bagi Anda yang tidak sempat datang ke Banyumas tapi penasaran apa itu mendoan, cobalah mampir ke rumah makan Sunda, biasanya mendoan terpampang di menu, tapi jika ingin yang benar-benar original datanglah ke Banyumas :)

Postingan terkait: