Makanan Indonesia akan Mendunia

Berbicara mengenai makanan Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Serupa dengan masyarakat Indonesia yang heterogen, makanan Indonesia pun sangat beragam macamnya. Saking banyaknya, William Wongso, seorang pakar kuliner Indonesia mengatakan bahwa kuliner tanah air akan menjadi kiblat dunia. Menurutnya masakan Indonesia kaya akan ragam dan ekstrem. "Sering satu sama lainnya itu korelasinya enggak ada. Kalaupun ditelusuri, ada dasar-dasarnya cabai, bawang merah, bawang putih, itu ada kesamaan," kata William Wongso.

Keragaman makanan Indonesia disebakan karena banyaknya budaya kuliner di masing-masing daerah di Indonesia seperti kuliner Jawa, Sunda, Minang, Aceh, Melayu dsb ditambah banyak pengaruh luar seperti Tiongkok, Belanda, dan India. Namun sayang makanan Indonesia masih kurang dikenal di pergaulan internasional. Untuk makanan Asia, makanan Indonesia masih kalah tenar dengan masakan Thailand, India, dan Vietnam, apalagi jika dibandingkan dengan makanan Tiongkok atau Jepang.

Nasi Tumpeng

Padahal makanan Indonesia memiliki banyak keunikan dan kekhasan bahkan beberapa diantaranya sangat otentik. Ambil contoh gado-gado, rendang, sate, soto, bakso, nasi kuning, nasi tumpeng, nasi goreng, ikan bakar, ayam penyet dan masih banyak lagi. Belum lagi jenis saus yang bermacam-macam seperti saus padang, saus kacang, saus sambal, saus telur asin dan sebagainya. Masih ada lagi olahan dessert yang bervariasi seperti es cendol, es durian, es buah, rujak dan lain-lain yang membuat olahan dessert kita salah satu yang terbaik di Asia karena berlokasi di wilayah tropis. Diluar itu masih ada olahan cookies seperti kastengel, puteri salju dll yang merupakan percampuran dengan budaya Belanda. Jangan lupa dengan kerupuk / keripik (chip), mungkin Indonesia adalah surganya chip karena banyak sekali aneka macam kerupuk / keripik di negeri ini.

Makanan-makanan ini jelas-jelas memiliki potensi yang kuat untuk dikenal dunia. Jika ada warga asing yang masih enggan masakan Indonesia katakan saja bahwa makanan Indonesia adalah campuran cita rasa Tiongkok, India, Thailand dan rasa otentik Indonesia, pasti mereka akan penasaran dan tertarik dengan keunikan makanan kita.

Kesempatan bagi makanan Indonesia untuk mendunia

Tren kuliner dunia saat ini masih merujuk pada beberapa budaya barat sebagai referensi utama terutama Perancis dan Italia. Namun rujukan ini sudah mulai berada di titik jenuh. Misalkan, makanan Perancis sebagai makanan paling tersohor sudah mulai dirasa membosankan bagi para pencinta kuliner dan juru masak kaliber dunia.

"Kiblat acuan makanan itu arahnya ke daerah kita. Karena kalau kita bicara soal Perancis, itu sudah mentok. Yang mau dipelajari dari Perancis apanya lagi? Sudah tidak ada. Belajar dari Italia, enggak ada juga,” kata William Wongso.

Apakah ini akan menjadi kesempatan bagi makanan Indonesia untuk mendunia? Bisakah makanan Indonesia mengambil alih posisi makanan Perancis? "Sumber alam itu kita mampu, yang kita belum mampu itu Indonesia belum berperan peta kuliner dunia. Belum ada red dot-nya," ucap William Wongso.

Untuk mengedepankan kuliner Indonesia sebagai daya tarik utama, pariwisata nasional akan membutuhkan semua pihak untuk bekerja sama. "Tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah, tetapi juga dari para pelaku industri untuk memajukan makanan Indonesia," tambah William Wongso.

Tentu ucapan William Wongso itu tidak salah, dibutuhkan modal yang kuat untuk mempromosikan sesuatu apalagi yang berskala nasional dan internasional. Karena itulah pelaku industri sangat dibutuhkan untuk memajukan makanan Indonesia.

Ayam Penyet

Nasi Gudeg

Mie Ayam

Bubur Ayam

Ikan Bakar

Salah Satu Keripik di Indonesia

Referensi:
http://www.beritakepo.com/2015/09/makanan-indonesia-diprediksi-akan-jadi.html
http://www.sisidunia.com/2015/09/29/makanan-indonesia-bakal-jadi-kiblat-dunia/51864

Postingan terkait: