Kain yang Indah ini Bernama Batik

Sandang adalah salah satu kebutuhan primer manusia selain pangan dan papan. Seperti halnya kebutuhan pangan yang sedang berkembang pesat memalui tren kulinernya dan kebutuhan papan yang makin bervariasi memalui tren arsitekturnya, kebutuhan sandang juga sedang menjadi pusat perhatian melalui tren fashionnya yang tidak pernah ada habisnya. Kebutuhan sandang atau kebutuhan pakaian tak lepas dari sebuah kain dan tahukah Anda bahwa planet ini memiliki kain yang terindah. Kain ini memiliki bermacam-macam motif yang khas, memiliki beraneka warna yang indah, memiliki sekumpulan filosofi yang penuh makna, dan memiliki nilai kultur yang mendalam. Kain yang indah ini bernama Batik.

Batik adalah kain bergambar khas Indonesia yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 sehingga setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.


Batik merupakan karya seni yang sangat indah. Berupa kain saja batik sudah sangat spektakuler apalagi jiga kain batik dibuat menjadi beberapa benda terkait fashion yang penuh nilai artistik maka nilai seni dan keindahannya makin tak terkira. Kita mengenal berbagai macam corak dan warna batik yang biasanya dipengaruhi oleh budaya lokal, karena itu kita banyak menegnal berbagai macam jenis batik seperti batik Solo, batik Yogyakarta, batik Cirebon, batik Banyumas, bahkan daerah-daerah di luar Jawa juga memiliki batik seperti batik Minangkabau, batik Minahasa dan lain-lain.


Dahulu, pakaian batik agak terkesan membosankan dan hanya dipakai oleh kalangan tua. Namun di era sekarang dimana barang seni sedang digemari dan sesuatu yang otentik, berciri khas, dan kreatif sangat diagung-agungkan, batik menjadi naik pamor dan sangat digemari oleh semua kalangan.

Batik bagi saya adalah kain terindah di dunia, selain motif dan warnanya yang cantik, penuh warna, dan penuh filosofi, aplikasi kain juga sangat luas termasuk ke benda-benda atau fashion yang modern. Hal ini menjadikan batik merupakan kain yang bisa sesuai dengan perkembangan desain dan tren fashion yang sedang pesat-pesatnya.

Jangan lupa, batik adalah salah satu identitas Indonesia yang paling dikenal dunia. Kita tahu bahwa sulit sekali bagi suatu negara untuk menunjukkan identitasnya di tengah persaingan global ini. Rakyat Indonesia perlu bersyukur karena memiliki batik.

Postingan terkait: