Indonesia Tinggal Menunggu Waktu

Kemakmuran suatu negara ditunjukan dengan kondisi perekonomian. Hal ini juga yang akan menentukan kemajuan suatu negara. Di saat beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, Singapura, Australia dan negara-negara Eropa sudah menjadi negara maju dan negara industri yang kuat, saat ini Indonesia masih harus puas menjadi negara dengan status berkembang dan negari industri baru. Tapi jangan kawatir karena banyak yang berpendapat bahwa ini hanya soal waktu. Artinya kita hanya tinggal menunggu waktu sampai Indonesia menjadi negara yang kuat, negara yang maju, dan negara yang tangguh yang sejajar dengan negara-negara maju lainnya selama kita bisa mempertahankan dan memeprbaiki performa ekonomi.


Namun seberapa lamakah kita harus menunggu?

Berdasarkan angka pertumbuhan rata-rata tahunan dari negara-negara G-20 antara 2000-2008, Indonesia diperkirakan akan dapat melampaui Korea Selatan di tahun 2016, Jepang di 2024, Inggris di 2031 dan Jerman di 2040.
(Ekonom SCB Indonesia, Fauzi Ichsan)

Ekonomi Indonesia pada 2017 akan mencapai 1,14 triliun dollar AS. Alhasil, PDB Indonesia akan sejajar dengan negara-negara maju seperti Jepang, China, India, Australia, dan Korea Selatan.
(Lembaga Internasional IHS)

Pada tahun 2023, PDB Indonesia akan mencapai 2,1 triliun dollar AS, melebihi Australia yang saat ini 1,52 triliun dollar AS. Secara global, ekonomi Indonesia akan lebih besar dari Rusia, Spanyol dan Belanda pada 2023.
(Lembaga Internasional IHS)

Indonesia pada tahun 2030 berpotensi menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketujuh dunia. Posisi Indonesia akan mengalahkan Jerman dan Inggris.
(McKinsey Global Institute)

Dalam 10 tahun mendatang pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tidak kurang dari 10 persen.
(CEO Lippo Group Mochtar Riady)

Indonesia akan menjadi negara industri maju baru pada tahun 2020 dan Indonesia akan menjadi negara industri tangguh di tahun 2025.
(Kebijakan Industri Nasional)

Indonesia akan menjadi negara maju dalam beberapa tahun ke depan. Indonesia bisa menjadi negara maju saat Abad 21 berakhir nanti.
(SBY)

Indonesia akan menjadi negara maju pada 2030.
(Chairul Tanjung)
(Armida Alisjahbana)

Indonesia bisa masuk dalam jajaran negara maju di 2025.
(Hatta Rajasa)

Apakah Anda sependapat dengan prediksi-prediksi di atas? Indonesia harus giat berusaha dan berdoa agar prediksi-prediksi di atas bisa terealisasi. Mari isi waktu hidup kita dengan bekerja membangun Bangsa dan Negara.

Postingan terkait: