Sensasi Harvest Moon di Purwokerto

Purwokerto adalah kampung saya, sebuah kota menengah yang nyaman untuk ditinggali. Purwokerto bukanlah kota besar dan bukan juga kota kecil namun pertumbuhannya beberapa tahun terakhir ini sangat signifikan. Kota yang terletak di Jawa Tengah bagian barat ini terkenal dengan makanan mendoannya dan logat Jawa Banyumasannya yang khas.

Kota Purwokerto dan daerah sekitarnya seperti Banyumas, Purbalingga dsb memiliki banyak sekali keunikan. Salah satunya adalah keunikan bentang alamnya karena Purwokerto dekat dengan gunung yakni Gunung Slamet dan dekat dengan sungai besar yang bernama Sungai Serayu yang menurut saya adalah sungai paling indah di Jawa. Kali ini saya telah mengexplore Purwokerto dan wilayah di sekitarnya yang terletak di kaki Gunung Slamet (seperti Baturraden dan Purbalingga) dan uniknya secara tidak sengaja menemukan sensasi seperti sedang berada di game Harvest Moon yang sering saya mainkan jaman kecil. Berikut ini sensasi yang bisa saya share.

1. Melihat sapi perah di rerumputan hjau

Lokasi di Baturraden. Disini terdapat peternakan sapi perah dan jika beruntung melewati tempat ini kita bisa melihat sapi-sapi sedang berkeliaran di atas rerumputan hijau seperti yang saya tangkap momentnya di foto ini. Mungkin seharusnya saya bawa lonceng supaya sapi-sapinya mendekat :)


2. Menikmati indahnya kolam air yang mungkin ada bidadarinya
Lokasi di Telaga Sunyi, Baturraden. Tempatnya sungguh indah banget, airnya jernih dan kebiruan plus ada air tejun mini. Mirip banget di Harvest Moon. Mungkin kalau saya lempar tomat ke air bakal keluar bidadari atau kappa :)


3. Mengendarai kuda
Lokasi di kaki Gunung Slamet Purbalingga. Disini bisa menikmati indahnya alam pegunungan dan bisa mengendarai kuda. Uniknya warna kudanya ada yang persis dengan di Harvest Moon :)


4. Menikmati segarnya kebun sayur
Lokasi di Baturraden dan kaki Gunung Slamet Purbalingga. Kebun sayur menjadi pemandangan yang biasa ditemukan di kaki gunung termasuk disini. Pemandangannya benar-benar menyegarkan mata apalagi bagi yang sedang suntuk dengan hiruk pikuk kota. Mari panen sayuran selayaknya game harvest moon.


5. Merasakan enaknya strawberry hasil kebun
Lokasi kaki Gunung Slamet Purbalingga. Disini memang terdapat beberapa kebun strawberry yang cukup terkenal di Banyumas, Purbalingga dan sekitarnya. Rasa strawberrynya enak, asamnya pas. Kalau di Harvest Moon Strawberry cuman ada di musim Spring, eh musim Fall, lupa :)


6. Menikmati pohon-pohon yang indah bak tukang kayu

Lokasi di Baturraden. Lingkungannya masih alami sehingga banyak pohon dan hutan lindung. Karena lokasinya di pegunungan maka tanamannya mirip dengan tanaman-tanman Eropa dan muncul lagi sensasi Harvest Moonya. Mungkin mirip dengan pohon-pohon di sekitar rumah si tukang kayu ya :)


7. Menikmati hot milk
Lokasi di sebuah kafe di Purwokerto. Kalau di Harvest Moon kita bisa masak hot milk dari susu memakai panci, disini saya menemukan sajian susu yang unik. Susunya disajikan dengan pensil coklat. Coklatnya akan meleleh ketika masuk susu. Unik dan menarik banget.


8. Menikmati bunga-bunga beraneka warna
Di Harvest Moon kita bisa menanam bunga yang berwarna-warni tergantung musimnya (kalau tidak salah tidak bisa dijual). Di Purwokerto kita juga bisa menemukan banyak bunga seperti di taman Balai Kemambang dan Baturraden. Purwokerto sekarang punya banyak taman sehingga makin cantik, mantab sekali.

Postingan terkait: