Rayuan Pulau Kelapa

Di dunia tempat kita tinggal ada satu jenis buah yang sangat luar biasa. Buah ini dapat menjadi makanan maupun minuman yang berkhasiat tinggi. Konon pohon yang menghasilkan buah ini merupakan salah satu tanaman yang paling bermanfaat di planet kita. Dan, siluet unik pohon buah ini merupakan ciri khas kepulauan tropis. Pasti Anda sudah bisa menebak buah apa yang dimaksud. Ya betul, buah ini adalah kelapa.

Bagi orang-orang yang tinggal di wilayah bukan tropis mungkin kurang familiar dengan pohon ini dan bagi mereka pohon ini hanyalah simbol liburan di daerah tropis. Namun, bagi orang-orang yang tinggal di wilayah tropis seperti Indoneisa, pohon ini memiliki banyak sekali manfaat dan merupakan pohon yang istimewa dan serbaguna.
”Barang siapa yang menanam pohon kelapa, menanam perabot, sandang, pangan, minuman, tempat tinggal sendiri, serta warisan bagi anak-anaknya.”
Kalimat di atas tidaklah berlebihan karena semua bagian pohon yang usianya dapat mecapai 50-70 tahun ini (mirip usia hidup orang Indonesia) dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Menurut buku Coconut—Tree of Life, pohon kelapa tidak hanya menghasilkan makanan, air, santan dan minyak goreng, tetapi juga daun untuk atap, serat untuk tali dan tikar, tempurung yang dapat digunakan sebagai perkakas dapur dan ornamen, dan nira dari mayangnya, yang bisa diolah menjadi gula. Buku itu menambahkan, bahkan kayunya, jika dipotong dengan cara yang benar, dapat digunakan. Jangan lupa daun buah kelapa juga dapat digunakan untuk ketupat, lidi dan seratnya bisa menjadi sapu.

Untuk buah kelapanya sendiri tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman air kelapa saja. Menurut buku Pacific and Southeast Asian Cooking, kelapa adalah salah satu bahan memasak yang sangat penting di semua negeri dan daerah dan kepulauan dari Hawaii sampai Bangkok. Buku itu juga menyatakan bahwa bagi penduduk kawasan tersebut, kelapa adalah suatu kebutuhan hidup yang mutlak, yang darinya mereka memperoleh nutrisi dalam banyak bentuk dan melalui tak terhitung banyaknya variasi hidangan dan cita rasa. Sebut saja rendang, makanan yang konon merupakan salah satu makanan paling enak di bumi ini menggunakan santan dari kelapa sebagai bahan utamanya. Selain itu banyak produk industri lainnya yang dapat dihasilkan dari pengolahan kelapa, antara lain cocochemical, cocofiber, virgin coconut oil (VCO), desiccated coconut, nata decoco, arang aktif, dll.

Indonesia penghasil kelapa terbesar di dunia
Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah penghasil kelapa terbesar di dunia? Indonesia memiliki areal tanaman kelapa sekitar 3,88 juta ha dan produksi berjuta ton per tahun. Kelapa dapat tumbuh hampir diseluruh wilayah kepulauan Indonesia dan tidak membutuhkan persyaratan khusus untuk pertumbuhannya.


Sungguh menakjubkan bahwa negari kepulauan yang indah ini adalah penghasil tanaman paling bermanfaat di bumi (the plant of many use). Tidak salah memang jika ada lagu yang berjudul Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki. Indonesia dikarunai anugerah yang luar biasa, kita wajib bersyukur.
Tanah airku Indonesia 
Negeri elok amat kucinta 
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa
 

Tanah airku aman dan makmur 
Pulau kelapa yang amat subur 
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala
 

Reff:
 

Melambai lambai 
Nyiur di pantai 
Berbisik bisik 
Raja Kelana
 

Memuja pulau 
Nan indah permai 
Tanah Airku 
Indonesia
Konon persebaran pohon kelapa di seluruh planet ini salah satunya karena peran bangsa Austronesia (nenek moyang Indonesia). Pohon ini banyak ditemukan di wilayah yang didiami bangsa Austronesia dan wilayah-wilayah yang pernah masuk dalam rute pelayaran bangsa Austronesia. Seperti kita ketahui nenek moyang kita, bangsa Austronesia, adalah pelaut paling handal pada zamannya.

Wow benar-benar luar biasa negeri kita tercinta  Jadi, kali berikut Anda melihat pohon kelapa ingatlah bahwa pohon ini bukanlah sekedar penghias yang memperindah daratan tropis. Anda sedang melihat sebuah pohon yang merupakan pohon kehidupan (tree of life).


Mari kita maksimalkan pengembangan dan pemanfaatan potensi pohon kelapa di Indonesia terutama untuk pemanfaatan produk hilir dan hasil sampingan sehingga bisa menaikkan nilai komoditas kelapa dan lebih bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Mari kembalikan kejayaan kelapa Indonesia.

Postingan terkait: