Rasa Green Tea dan Rasa Sajian Manis yang Terus Berkembang

Anda penggemar sajian manis seperti dessert, minuman dan lain-lainnya? Kalau iya pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu rasa yang saat ini sedang menjamur yakni rasa green tea. Rasa green tea atau teh hijau adalah salah satu jenis rasa teh yang saat ini sangat digandrungi oleh setiap orang yang digunakan tidak hanya sebagai minuman tapi juga makanan. Lihat saja hampir semua sajian manis saat ini terdapat rasa green tea mulai dari es krim green tea, green tea latte, cup cake green tea, kit kat green tea, martabak manis green tea, kue cubit green tea dan sebagainya.


Untuk menimbulkan rasa green tea pada makanan atau minuman memang bukan teh asli yang digunakan, namun essence dari teh tersebut sudah cukup untuk membuat pecinta kuliner tergila-gila. Essence yang dimaksud di sini lebih tepatnya adalah matcha (bubuk teh hijau). Rasa dari matcha sebenarnya memang dapat disimpulkan “tidak seperti teh asli”. Saat dikecap, rasanya sedikit creamy, gurih dan getir, namun karena rasa ini sudah identik dengan green tea maka jadilah rasa ini booming dengan label rasa green tea.

Jenis rasa yang selalu berkembang

Jika kita menengok kebelakang, dahulu rasa sajian manis hanya didominasi oleh tiga rasa yakni rasa vanilla, rasa coklat, dan rasa strawberry. Ketiga rasa ini bertahan begitu lama, mungkin selama beberapa kali dekade, menjadi rasa dominan sajian manis di dunia baik itu makanan maupun minuman. Walaupun sebenarnya ada banyak inovasi rasa seperti rasa melon, rasa pisang, rasa karamel dan lain-lain tapi tidak ada yang sebooming ketiga rasa dominan ini. Mungkin ada beberapa rasa yang agak signifikan berkembang beberapa dekade terkini seperti rasa blueberry dan rasa mocca, tapi tetap saja tidak bisa menandingi ketiga rasa yang sudah dominan.


Baru kali ini ada rasa yang bisa sejajar dengan rasa vanilla, rasa coklat, dan rasa strawberry, rasa ini tidak lain dan tidak bukan adalah rasa green tea seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya. Dari segi warna tampilan rasa green tea juga baru dan fresh, jika sebelumnya sajian manis didominasi warna putih untuk rasa vanilla, merah atau pink untuk rasa strawberry, dan coklat untuk rasa coklat, green tea tampil dengan warna menyolok yang menyegarkan yakni warna hijau. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah rasa green tea yang boomingnya bisa sejajar dengan rasa vanilla, rasa coklat, dan rasa strawberry ini bisa bertahan dalam waktu yang lama? Lalu setelah ini rasa apa lagi yang akan booming?

Memang dunia kuliner termasuk sajian manis selalu menarik untuk diamati perkembangannya. Inovasi-inovasi terus dilakukan untuk memanjakan lidah manusia, lihat saja tidak lama setelah green tea muncul rasa baru seperti rasa taro (ubi ungu) dan masih banyak rasa-rasa lainnya bahkan mungkin ada yang tidak menyentuh Indonesia. Kita tunggu saja setelah rasa green tea, kira-kira rasa apa lagi yang bisa booming dengan hebatnya.

Postingan terkait: