Peran dan Fungsi Superhero

Superhero atau pahlawan super adalah karakter yang memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum. Superhero memiliki kemampuan atau kesaktian di atas rata-rata manusia, memakai pakaian yang khas dan mencolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penolong bagi yang lemah dalam membasmi kejahatan. Namun satu hal yang pasti, superhero adalah karakter fiktif alias tidak nyata. Ini menarik karena walaupun fiktif karakter ini semakin berkembang di era seperti sekarang ini, mungkin saja masyarakat sekarang ini memang mendambakan tokoh yang superkuat dan membela yang lemah karena 'pembela kebenaran' makin 'sulit' dicari. Tak aneh jika sosok-sosok superhero menjadi idola baik oleh anak kecil sampai orang dewasa atau tua sekalipun.


Walaupun hanya merupakan karakter fiksi ternyata superhero telah memiliki banyak peran dan fungsi di kehidupan nyata baik positif maupun negatif seperti yang diulas di bawah ini.

1. Superhero memuaskan dambaan manusia akan kekuatan super
Karakter-karakter yang sudah direalisasikan menjadi bentuk gambar terutama gambar bergerak atau bahkan diperankan manusia asli memang sangat menyenangkan untuk ditonton. Mereka semua memiliki aksi dengan kekuatan super yang sebenarnya selalu didamba-dambakan oleh setiap manusia. Siapa coba yang tak ingin bisa terbang melihat setiap bintang yang bersinar dari dekat, atau selalu cepat sembuh ketika habis terluka? Semuanya adalah impian kita semasa kecil, dan akan selalu ada sampai kita dewasa.


2. Superhero sebagai sosok manusia yang kuat dan kharismatik berpotensi untuk menjual produk
Banyak produk-produk yang mempergunakan superhero dalam iklan promosinya. Superhero digunakan karena memliki karakter yang kuat dan melambangkan kesempurnaan sehingga dapat menumbuhkan citra produk yang kuat dan sempurna. Karakter superhero yang kharismatik juga mampu menarik fans yang mengidolakan superhero tersebut untuk membeli produk tersebut.


3. Superhero yang pada umumnya baik hati bermanfaat dalam mengampanyekan hal-hal baik
Figur superhero yang baik hati dan membela kebajikan digunakan untuk kampanye-kampanye yang memiliki tujuan baik seperti kampanye cinta lingkungan, kampanye kesehatan, kampanye kebersihan, kampanya anti minuman keras dll. Superhero digunakan karena karakter ini merupakan simbol kebajikan yang selalu menang sehingga diharapkan kampanye akan berhasil.


4. Superhero menginspirasi orang-orang untuk melawan kejahatan dan membangkitkan jiwa kepahlawanan
Superhero telah banyak menginspirasi orang untuk berbuat baik walaupun dari skala yang sangat kecil. Superhero mengajarkan bahwa walaupun berbeda dengan orang disekitarnya kita bisa tetap berpegang teguh pada kebenaran dan dapat menentang segala bentuk kejahatan atau kecurangan dan pasti kebajikan lah yang menang. Ya superhero memberi semangat kepada kita bahwa kita bisa menjadi pahlawan untuk membela yang benar dan kebenaran pasti menang. Bahkan ada beberapa orang yang memakai kostum superhero untuk melakukan tindakan-tindakan kebajikan yang nyata di lingkungannya, orang-orang ini disebut real-life superhero.


5. Superhero sedikit banyak mempengaruhi kepercayaan karena tidak mengajarkan lemahnya manusia di hadapan Tuhan
Banyak tokoh superhero yang digambarkan memiliki kekuatan super bahkan diantaranya sangat super dan sudah digambarkan hampir seperti makhluk yang lebih tinggi dari manusia. Seakan-akan manusia bisa menjadi sangat kuat tanpa batas dan manusia dapat menghilangkan semua kelemahan yang melekat pada dirinya. Beberapa kisah superhero telah berdampak pada angan-angan manusia yang ingin bisa menghilangkan kelemahan seperti mutan yang berevolusi. Akibatnya menjadi kurang menerima kondisi fisik dan kurang menerima kenyataan bahwa manusia memiliki banyak kelemahan (kurang bersyukur).


6. (Khusus dewasa) Superhero yang mempunyai fisik oke, wajah menarik dan mengayomi ternyata banyak menjadi imajinai fantasi seksual
Karakter superhero yang biasanya tampan atau cantik dan body yang atletis serta kostumnya yang biasanya ketat yang menonjolkan aurat dan berwarna-warni, serta karakternya yang biasanya digambarkan sangat mengayomi menyebabkan superhero menjadi tokoh fantasi dan imajinasi seksual orang dewasa. Tentunya ini berdampak buruk dan mengganggu moral. Untuk apa sih superhero pakai kostum ketat dan warna-warni. Perlu mulai dibuat superhero yang kostumnya tidak menonjolkan aurat.

Postingan terkait: