Mengapa Saya Suka Kereta Api

Jika ditanya apa saja dalam hidup ini yang menjadi kesukaan dan kegemaran saya pasti saya akan memasukan kereta api sebagai salah satunya dalam daftar tersebut. Saya adalah pecinta kereta api, istilah lainnya adalah railfan atau di Indonesia disebut juga edan sepur. Railfans adalah seseorang yang sangat mencintai perkeretaapian dan transportasi rel. Di berbagai belahan dunia railfan sangat mudah dijumpai, tanpa mengenal batasan usia. Lalu mengapa para railfan ini sangat menyukai atau bahkan menggilai kereta api? Alasannya bisa beraneka ragam, dan berikut adalah alasan mengapa saya sangat suka kereta api yang mana mungkin railfan lain juga memiliki alasan serupa.

1. Kereta api bentuknya sangat 'gagah' dan 'eksotis'
Sangat sulit dideskripsikan, tapi kurang lebih sama dengan pecinta motor gede (moge), dan buat saya kereta api adalah moge versi saya. Entah kenapa bentuknya di mata saya sangat 'macho'.


2. Sudah jatuh cinta dengan kereta api sejak kecil
Dari kecil ketika anak-anak lain lebih menyukai motor-motoran atau mobil-mobilan saya lebih menyukai kereta-keretaan. Kebetulan juga ayah saya adalah pegawai kereta api sehingga dari kecil sudah sering sekali lihat dan naik kereta api. Seringkali saya diajak ke perlintasan pintu kereta hanya untuk menunggu kereta yang lewat dan bahkan mainan bongkar pasang (jaman sekarang lego) saya bentuk jadi kereta api.

3. Rangkaian gerbong kereta api sangat menarik
Selain lokomotif, ada ketertartikan sendiri saat melihat gerbong kereta api. Tidak seperti moda transportasi lainnya, gerbong kereta api itu memiliki desain yang unik serta bermacam-macam dan megah, bila dirangkaikan dengan gerbong-gerbong lainnya akan semakin sedap dipandang.


4. Kereta api membutuhkan sistem yang terintegrasi dan ini sangat keren
Berbeda dengan kendaraan darat lain, kereta api membutuhkan sistem yang terintegrasi seperti sistem persinyalan, sistem telekomunikasi dan lain-laiinya yang mana sangat keren dan canggih. Mungkin mirip dengan sistem transportasi pesawat terbang yang canggih.

5. Hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kereta api juga menarik
Hal-hal lain yang menunjang perkeretaapian seperti rel, wesel, stasiun, pintu perlintasan dan lain-lainnya juga sangat menarik sehingga makin suka dengan kereta api. Menyukai kereta api, rel, stasiun dan hal-hal lainnya yang berhubungan adalah satu kesatuan.


6. Kereta api adalah transportasi yang paling bisa diandalkan
Tentunya yang patut dibanggakan dari kereta api adalah kehandalannya karena ketepatan waktunya yang tinggi serta tidak terpengaruh oleh cuaca seperti halnya pesawat. Saat menaiki kereta api juga nyaman (tidak seperti kendaraan darat lain yang memabukan), sangat safe, serta enak sekali untuk melihat pemandangan. Hal ini makin buat jatuh cinta dengan kereta api.

Saat ini para pecinta kereta api patut berbahagia karena operator kereta api di Indonesia yakni PT KAI saat ini sedang banyak melakukan invoasi sehingga perkeretaapian di Indonesia kini semakin membanggakan. Mudah-mudahan perkeretappian di Indonesia akan terus maju.

Postingan terkait: