Travelling, Sendirian vs Bersama-sama

"Hari gini ga suka travelling? aneh banget" kurang lebih itu pikiran yang terlintas dalam benak ketika harus memberikan opini mengenai travelling. Bagaimana mungkin kita tidak menyukai travelling, kita tinggal di negara dan wilayah regional yang indah yang penuh akan kota-kota menarik, budaya-budaya yang indah, tempat-tempat yang unik, tempat belanja yang beraneka, wujud alam yang eksotis seperti pantai, gunung, gua, laut dsb, sarana tranportasi pun untuk beberapa tempat sudah cukup memadai dan sumber informasi wisata pun sudah bertebaran dimana-mana mulai dari internet, acara-acara tv travelling dan sebagainya. Dengan meningkatnya trend untuk travelling seperti yang terjadi sekarang ini bahkan orang rumahan seperti saya pun jadi kepincut suka travelling. Hanya saja mungkin gaya travelling tiap orang berbeda-beda.


Seacara umum jika dilihat dari jumlah partisipasi, travelling terbagi menjadi dua jenis yakni travelling sendirian dan travelling bersama-sama. Saya sendiri suka keduanya tergantung situasi dan kondisi karena keduanya memiliki keuntungan masing-masing.

Keuntungan travelling sendirian

1. Bertemu orang baru
Entah bagaimana bisa terjadi tapi biasanya kalau travelling sendirian lebih besar kemungkinan kita bisa lebih dekat dengan orang-orang asing yang ditemui saat travelling, contoh paling gampangnya driver taxi atau petugas hotel kalau kita sendirian pasti jadi lebih banyak mengobrol dengan mereka.

2. Membuat keputusan sendiri
Sudah menyiapkan itinerary travelling tapi mau diubah ditengah travelling karena ada destinasi baru atau pengen schedulenya diubah? langsung bisa eksekusi, tak perlu repot-repot musyawarah atau pemungutan suara.

3. Perjalanan santai
Tidak perlu terpaku pada rencana apa pun. Tiba-tiba mau berangkat travelling hari ini juga? Sok langsung berangkat. Tidak perlu terpaku pada rutinitas bersama. Saat traveling pun bebas mau ngapain aja dengan santai dan tidak ada yang protes. Misalnya mau shopping berlama-lama (karena sangat pemilih saat belanja) tidak akan ada yang ngomel.

4. Mengembangkan kepercayaan diri
Terutama jika bepergian ke tempat yang baru, tentu akan melatih kepercayaan diri kita. Dan percaya atau tidak percaya hal ini juga berguna bagi Anda yang sedang penat atau galau. Dengan travelling sendiri ke tempat baru bisa membantu meningkatkan rasa kepercayan diri Anda untuk menghadapi masalah (cocok jika Anda sedang ingin jadi lebih introvert).

5. Menyesuaikan dengan kondisi finansial
Karena semua aktivitas travelling ditentukan oleh diri sendiri maka anggaran pun bisa disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan pribadi.

Keuntungan travelling bersama-sama

1. Ada teman mengobrol dan lebih seru
Akan sangat asyik jika bepergian ada teman yang bisa diajak ngobrol, bercanda dan bercengkrama. Apalagi jika tempat yang dikunjungi sangat oke maka keokeannya bisa meningkat berkali-kali lipat, pokoknya lebih seru dan kepenatan hidup hilang seketika.

2. Tidak perlu bersebelahan dengan orang asing
Malas di pesawat duduk bersebalahan dengan orang asing? Atau malas duduk di kereta ekonomi bersempit-sempitan dengan orang asing? Tidak akan terjadi kalau travelling bersama-sama.

3. Biaya lebih hemat untuk beberapa kondisi
Dengan travelling bersama biaya hotel atau penginapan bisa dibagi rata. Contoh lain yang bisa dibagi biayanya misalnya sewa perahu atau sewa mobil / taxi.

4. Menghadapi masalah bersama
Tersesat? Kehilangan barang? Kehabisan penginapan? Kemalaman di jalan? Ketinggalan jadwal bus, kereta atau pesawat? Tenang, semua masalah itu biasa terjadi saat travelling dan bisa dicarikan solusinya bersama, tak perlu takut menghadapinya sendirian.

5. Lebih aman
Travelling bersama jauh lebih aman daripada sendirian. Apalagi jika tempat yang dituju masih liar, masih rawan kejahatan, dekat daerah konflik, sangat jauh dari rumah (ke luar negeri misalnya) atau rawan dengan area plus-plus.

6. Ada yang bantuin motret
Kalau travelling bersama pasti foto-foto yang ada penampakan diri kita jadi lebih banyak karena ada yang bantuin motret, tidak harus segan minta bantuan oranga sing untuk motret. Selain foto selfie kita juga bisa foto wefie.

Postingan terkait: