Hobi Koleksi Uang Ternyata Mengasyikan

Hobi mengoleksi uang ternyata mengasyikan. Paling tidak ini lah yang penulis rasakan saat melihat koleksi uang dari seorang kolektor yang kebetulan adalah teman penulis. Eits tunggu dulu, yang dimaksud dengan megoleksi uang disini bukanlah mengoleksi pundi-pundi uang kekayaan melainkan mengoleksi uang kuno atau uang dari negara lain baik berupa uang kertas maupun uang koin.


Mengapa mengoleksi uang menjadi hobi yang mengasyikan? Agak sulit untuk menggambarkan alasannya, sama dengan ketika kolektor benda lainnya ditanya mengapa mereka mengoleksi benda ini dan benda itu. Kalau memang sudah hobi ya mau bagaimana lagi, sudah jadi kegemaran dan passion untuk kepuasan pribadi. Namun paling tidak ada 3 hal yang penulis lihat mengapa mengoleksi uang mengasyikan.

1. Desain dari uang yang menarik dan penuh warna. Desain uang juga penuh simbol dan logo, serta memiliki seni yang tinggi bagi kolektornya.

2. Berasa mengarungi sejarah dan keliling dunia. Tampilan yang ada pada uang penuh dengan corak budaya dan cerita tergantung dari zaman apa uang itu diluncurkan dan dari negeri mana uang itu diedarkan. Bagi penggila sejarah atau traveler yang menyukai budaya atau hal lainnya dari negeri lain pasti menikmatinya.

3. Investasi. Ya sudah bukan rahasia lagi bahwa uang kuno bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari nominal yang tertera. Misalnya uang yang mengandung unsur sejarah kuat seperti uang jaman Hitler harganya bisa sangat mahal, apalagi jika uang serupa sudah sulit diperoleh dan bentuknya masih bagus


Sebenarnya ada juga studi yang berkaitan dengan koleksi uang ini yang disebut numismatik. Menurut wikipedia, numismatik adalah sebuah studi atau kegiatan mengumpulkan mata uang, termasuk koin, token, uang kertas, dan benda-benda terkait lainnya. Koleksi numismatik terdiri dari benda-benda kuno seperti uang kertas, koin kuno dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Numismatik mempelajari antara lain, sejarah mata uang itu sendiri, cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut dsb.

Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi uang?

Postingan terkait: