Mengapa Dunia Membutuhkan Superman

Jika di cerita fiksi Superman ada artikel berjudul Why the World Doesn’t Need Superman (Mengapa Dunia Tidak Membutuhkan Superman) maka disini saya akan menulis mengapa dunia membutuhkan Superman.


Superman yang saya maksud disini bukanlah sosok superhero yang memakai baju ketat dan celana dalam merah di luar, namun sosok orang yang memiliki karakter yang tergambarkan dalam tokoh fiksi Superman dan siapa saja bisa memiliki karakter ini. Karakter ini dibutuhkan karena saat ini sepertinya zaman makin 'aneh', yang benar dianggap salah dan sebaliknya serta berkuasanya manusia-manusia yang sebenarnya tidak pantas menjadi penguasa, sedangkan orang-orang yang baik dibiarkan tidak tersorot.

1. Superman itu kuat. Dibutuhkan orang dengan karakter yang kuat, tidak lemah
Di zaman yang sangat dinamis seperti sekarang dibutuhkan orang dengan mental-mental yang kuat yang tidak tahan banting dan tidak mudah jera. Orang dengan mental kuat bukan berarti keras kepala dan tak acuh, orang yang kuat itu bisa saja orang yang cengeng dan mudah galau tapi dia akan mudah bangkit dan tidak akan jera ketika menemui hambatan-hambatan, justru akan menjadi semakin kuat.

2. Superman berani membela yang lemah. Dibutuhkan orang dengan karakter yang tidak mudah terbawa arus dan membela yang benar walaupun minoritas
Di era yang sangat terbuka dimana hal kecil saja bisa menjadi trending topik di seluruh dunia dibutuhkan karakter yang tidak mudah terbawa arus. Karakter ini dibutuhkan untuk berbuat yang baik dan yang benar karena sesuatu yang baik dan benar seringkali membuat Anda tidak sejalan dengan kebanyakan orang.

3. Superman itu berani beraksi walaupun dia berbeda. Dibutuhkan orang yang berani memilih jalan yang benar walaupun ini artinya dia akan menjadi berbeda dengan mayoritas orang
Tidak bisa dipungkiri bahwa di kehidupan yang saat ini dijejali orang ini sering dijumpai penggiringan opini berdasarkan mayoritas populasi. Namun sayangnya opini ini tidak selalu benar dan jika kita memilih yang benar pasti akan timbul sedikit atau banyak konflik sosial dengan mayoritas orang. Karena itu jiwa yang berani tampil beda sangat dibutuhkan.

4. Superman bisa terbang. Dibutuhkan orang dengan pola pikir yang tinggi dan bisa melihat dunia tanpa menutup diri
Jumlah orang yang baik dan benar itu tidak sedikit, bahkan banyak, namun mayoritas dari orang baik ini terkungkum dan terjebak dalam lingkungannya sendiri. Tidak berani bersuara keluar. Layaknya hewan langka yang akan punah dan tidak berani melawan sehingga berdiam diri saja di kandang sampai punah. Karena itu dibutuhkan orang yang mampu berpandangan luas dan mampu melihat dunia serta bersuara kepada dunia.

5. Superman itu bisa melihat tembus batas. Dibutuhkan orang yang kritis yang mampu melihat kondisi lingkungan secara riil tanpa tertipu oleh kamuflase-kamuflase yang menyesatkan
Sekali lagi jumlah orang yang baik itu tidak sedikit, namun beberapa juga polos yang melihat benda berlabelkan 'baik' sebagai sesuatu yang baik walaupun bisa saja labelnya tidak sesuai isinya. Di era yang penuh dengan 'perang' dan 'persaingan' intelegensi dan strategi ini dibutuhkan orang yang bisa melihat dan mengenal kondisi secara riil dan tidak mudah tertipu oleh tipuan 'dunia'.

6. Superman menggunakan baju ketat dan memakai celana dalam diluar. Khusus karakter yang ini tidak dibutuhkan :)


Postingan terkait: