Keunikan Kota Pekanbaru, Riau

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota ini mungkin masih kalah pamor jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Sumatera seperti Medan, Batam, dan Palembang. Namun kota ini sejatinya memiliki potensi yang sangat besar dan juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki kota-kota lainnya di Sumatera dan bahkan Indonesia. Ada dua hal utama yang membuat kota ini menjadi unik. Dua hal ini bisa jadi acuan terutama bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Pekanbaru dan membayangkan Pekanabru itu seperti apa sih.

1. Pekanbaru merupakan kota yang multikultur

Mungkin kota yang multikultur sudah biasa ditemukan di Indonesia, namun Pekanbaru cukup berbeda karena penduduknya merupakan campuran dari budaya-budaya utama di Indonesia. Seperti kita ketahui, penduduk Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan latar belakang budaya. Ada lebih dari 300 suku bangsa dan kelompok etnis di Indonesia dan beberapa diantaranya cukup dominan karena jumlahnya yang banyak atau memiliki pengaruh yang kuat di bidang politik dan ekonomi. Suku-suku yang dominan ini secara signifikan banyak ditemui di Pekanbaru, diantaranya Suku Minangkabau, Suku Melayu, Suku Jawa, Suku Batak, dan Suku Tionghoa. Perpaduan dari bermacam suku dan budaya ini lah yang membuat Pekanbaru menjadi sangat berwarna dan multikultur. Dan yang patut dibanggakan, berbagai budaya ini hidup berdampingan dengan sangat harmonis. Keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.


Jadi sudah jelas, jika menyebut Padang Anda akan membayangkan budaya Minang, jika menyebut Semarang atau Jogja Anda akan membayangkan budaya Jawa, jika menyebut Medan Anda akan membayangkan budaya Batak, Melayu, Tionghoa. Dan jika menyebut Pekanbaru maka yang harus Anda bayangkan adalah gabungan dari semuanya. Semua makanan, bangunan, dan adat istiadat dari budaya-budaya tersebut bisa Anda temukan secara signifikan di Pekanbaru.

2. Pekanbaru merupakan kota dengan ekonomi kuat dan dikelilingi wilayah yang kaya minyak

Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, Namun tidak hanya perdagangan dan jasa, sektor industri terutama minyak juga merupakan sektor yang penting karena Pekanbaru merupakan ibu kota dari sebuah provinsi yang saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia karena memiliki banyak sumber daya alam terutama minyak, ada dua jenis minyak yakni minyak bumi dan minyak sawit. Oleh sebab itu saat ini Provinsi Riau merupakan provinsi dengan ekonomi terdepan di Sumatera. Provinsi Riau adalah Provinsi dengan total Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi di Sumatra dan salah satu yang tertinggi di Indonesia, dan dengan PDB per kapita tertinggi di Sumatra dan salah satu yang tertinggi juga di Indonesia.

Jadi Anda bisa membayangkan Pekanbaru sebagai suatu kota dengan pembangunan yang pesat, memiliki standar hidup tinggi dan dikelilingi oleh wilayah-wialayah yang banyak memiliki kebun sawit dan tambang minyak bumi.

Postingan terkait: